Nanya dong…

 

smile-question1

SAYA RASA banyak dari kita (orang Indonesia) yang merasa “bertanya” adalah sebuah makhluk yang menakutkan. Banyak dari kita yang merasa takut untuk bertanya. Kita seringkali lebih nyaman tenggelam dalam ketidaktahuan daripada membuka mulut dan bertanya tentang sesuatu yang kita tidak tahu atau mengerti.

SERINGKALI KETIKA kita mau bertanya sesuatu, yang terjadi adalah keringat mulai keluar segede jagung, mata ngelirik ke kanan-kiri sambil harap-harap cemas kalau bakal ada yang nanya duluan, “kalo bisa orang lain duluan deh yang nanya jangan kita,” begitu pikir kita. Syukur-syukur pertanyaan yang mau kita ajukan sudah ditanyakan sama orang tersebut. Berat rasanya untuk mengangkat tangan dan menggetarkan pita suara untuk bertanya.

Bertanya berarti Blo’on, Nggak nanya berarti lebih blo’on.

Kok aneh gitu statement-nya?? Ya iyalah, coba anda baca Quotes dibawah ini:

A person who asks is a fool for five minutes, but a person who didn’t asks is a fool forever.

(Mohon maaf, saya lupa ini Quotes dari siapa)

GET IT guys?? Yup, kalo kita bertanya sesuatu yang kita nggak ngerti emang nandain kalo kita (mungkin) o’on, untuk sementara lho, pada akhirnya kita jadi paham dan mungkin jadi expert untuk suatu masalah. Tapi coba kalo nggak nanya sama sekali, o’onnya forever cuy, nggak enak banget kan? Cuma ngangguk-ngangguk tapi sebenernya nggak tahu apa yang dianggukin.

OK, SO kita harus mulai belajar untuk berani bertanya. Bertanya apapun yang belum kita mengerti. Bagi yang muslim -sebagai motivasi aja- Malaikat aja nanya ke Allah waktu Nabi Adam diciptakan untuk jadi khalifah di dunia:

Mengapa kau ciptakan makhluk yang akan membuat kerusakan di dunia ya Allah?

(Mohon maaf kalo ada kesalahan dalam penulisan terjemahan ayat tersebut)

TANYALAH APAPUN yang kita nggak mengerti. Sebagian besar orang senang bila dianggap tahu kok, jangan takut. Asalkan kita bertanya dengan cara yang sopan, saya yakin, yang kita tanya pasti nggak akan tersinggung, minimal kalo dia nggak mau jawab, dia akan menolak secara halus. Ok??

SO …….. ASK ANYTHING ………

Happy Asking. 🙂

Advertisements