Making a Good First Impression


Tiga detik pertama yang menentukan. Saya pernah mendengar hal tersebut. Apa maksudnya? Maksudnya adalah tiga detik pertama yang terjadi saat pertemuan kita dengan seseorang. Pada tiga detik pertama itu seseorang akan menilai diri kita dan menarik kesimpulan tentang pendapatnya mengenai diri kita. Entah pada saat ingin bertemu dengan orang yang baru dikenal, kekasih, orang tua dari kekasih😉 , interview pekerjaan, dll. Pendapatnya ini akan menjadi dasar pemikirannya dalam setiap interaksi  mereka dengan kita. Jadi tiga detik pertama ini sangat penting dalam hubungan sosial kita sebagai manusia.

So, disini akan saya share beberapa tips to make a good first impression. Mungkin akan membantu anda.🙂

Here are the tips:

1. Be On Time

Orang yang akan kita temui untuk pertama kali sepertinya sulit untuk menerima “Good Excuse” tentang keterlambatan kita. So, try to come early, not just on time.

2. Be Yourself, Be At Ease

Kalau kita sudah tidak nyaman dengan diri kita maka orang lain pun akan menilai demikian terhadap diri kita. Jaga gesture kita se-positif mungkin. Try to be calm and confident fellas.

3. Present Yourself Appropriately

Tampilkan diri anda dengan tepat dan sesuai dengan sikon. Yang dimaksud di sini dengan tampilan adalah tentunya penampilan luar anda. Saat ini berbeda dengan dulu, mungkin dulu kita sebaiknya jangan menilai seseorang dari penampilannya, tapi zaman sudah berubah, saat ini orang bisa mengetahui kepribadian dan karakter kita dari cara berpenampilan. Kalau mau cari aman, bisa gunakan warna-warna netral seperti Hitam atau Putih.

4. A Word About Individuality

Yup, walaupun kita harus menyesuaikan diri tapi kita tidak dilarang untuk menjadi diri sendiri. Jadilah diri sendiri yang cocok dengan semua keadaan. Bebas tapi tetap sopan dan tahu diri.

5. A Winning Smile

Tersenyumlah dan dunia akan tersenyum kepada anda.🙂

6. Be Open and Confident

Ketika kita mau membuka diri kita kepada orang lain secara perlahan rasa kepercayaan (trust) akan tumbuh. Trust ini sangat penting bagi kelanjutan hubungan kita selanjutnya. Apalagi ditambah dengan rasa percaya diri yang kita miliki.

6. Small Talk Goes a Long Way

Basa basi itu memang baik. Jika situasi dan kondisi memungkinkan ada baiknya kita berbicara di luar dari tema pembicaraan yang menjadi tujuan pertemuan kita. Pembicaraan-pembicaraan ringan akan memberikan kesan kita tidak hanya ingin menjalin hubungan tertentu saja (bisnis contohnya), tetapi juga kita berminat untuk menjadi temannya!

7. Be Positive

Cobalah untuk bersikap positif di keadaan yang bagaimanapun juga.

8. Be Courteous And Attentive

Belajarlah untuk menghormati orang yang kita temui setinggi-tingginya dan berikanlah perhatian yang sungguh-sungguh dan tulus kepadanya.

Semoga Sukses!!!!🙂

Source: Mindtools.com

3 Comments

  1. U3 said,

    January 4, 2010 at 5:26 pm

    Point no.6…susah bgt praktekinya…

  2. moiindra said,

    January 5, 2010 at 12:01 am

    Hmm, jangankan no 6 u3, semua poin rasanya sulit, tapi harus tetap kita coba. Gantungkan 5 cm di depan mata dan laksanakan.🙂

  3. U3 said,

    January 6, 2010 at 12:03 am

    hahaha…tao deh yg br bc buku 5 cm,he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: