MATI


ripApakah makna dari kematian untuk anda? Terlepasnya ruh dari jasad? Satu bentuk perjalanan baru dalam tahapan kehidupan? Akhir dari segalanya? Kebahagiaan yang dating menjelang? Setiap orang memiliki makna tersendiri dalam melihat kematian. Mengapa saya tiba-tiba tertarik untuk membahas mengenai kematian, tak lain karena timbulnya kesadaran kecil dalam nurani bahwa kematian ternyata sangat dekat dengan kita, dengan saya. Baru beberapa hari yang lalu, saya dikejutkan oleh kematian seorang kerabat yang menurut ukuran saya sangat tiba-tiba dan tak disangka-sangka. Kerabat ini adalah orang yang baik, disayang oleh banyak orang karena sifatnya yang ramah, supel, terbuka, dan ringan tangan dalam menolong. Awalnya almarhum ini yang justru sedang menunggui Pakde saya yang sedang sakit. Apa nyana, ternyata dia duluan yang “dipanggil” terlebih dahulu oleh Yang Diatas. Tak percaya tapi terjadi. Yang berikutnya baru saja setelah saya menutup telepon tadi, orang tua dari salah satu supplier usaha saya. Mungkin perasaan campur aduk memenuhi dada ketika orang yang kita sayangi (apalagi orang tua) tiba-tiba tanpa peringatan, “dipanggil” olehNya. Makhluk mungil tapi merasa besar bernama manusia ini terlalu banyak keterbatasannya dalam memahami besarnya alam semesta. Saya bukan tiba-tiba jadi melankolis, hanya ingin berbagi saja. Kok ya rasanya saya seperti diingatkan olehNya kalau suatu saat nanti, entah tahun depan, bulan depan, atau malah detik berikutnya setelah saya mengetik kata ini saya juga “dipanggil”. Makna dari setiap kejadian yang ada di sekitar kita selalu ada dan selalu menarik untuk dicermati, termasuk kematian. Salam.

2 Comments

  1. kopral cepot said,

    July 31, 2009 at 1:39 am

    sebuah perenungan yg daleem …… mati sangat tiba2 pd yang sehat atawa mati, muda atawa tua.. dimanapun kapanpun .. dengan cara apapun … maka apa yg dilakuken hidup untuk mati ..

    salam

  2. moiindra said,

    July 31, 2009 at 1:48 am

    Thx u Bro Cepot. Dimanapun, kapanpun. Harus siap..


Leave a Reply

