EARTH HOUR (JAM BUMI) 2009


earth-hour1GLOBAL WARMING. Hmm, menurut Anda apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata ini? Ozon Bolong kaya permen POLO, sampah yang berserakan sampai ke tepi-tepi jalan, gas rumah kaca, sampah plastik, cuaca panas yang sekarang berasa terik banget kalo siang, banjir nggak selesai-selesai??? Banyak ya ternyata permasalahan kita.

Mungkin banyak dari kita yang jago dan luar biasa hebat dalam menjaga hubungan dengan teman, customer kita, rekan kerja, anak, saudara. Tapi, pernah nggak kita berpikir mengenai hubungan kita dengan tempat kita hidup?? Dengan Alam?? Dengan Bumi??

Dapat dikatakan, Global Warming adalah buah dari buruknya hubungan kita dengan Bumi tempat kita hidup. Sama dengan kita manusia yang akan marah, sedih, dan hancur hatinya bila disakiti.

Kawan, saya nggak mau panjang-panjang, saya cuma mau share sedikit aja mengenai sesuatu yang menurut saya baik. Anda pernah dengar mengenai Earth Hour (Jam Bumi)? Definisi resminya Anda bisa lihat sendiri disini, tapi kalo pengertian saya sendiri:

Earth Hour adalah suatu gerakan mengenai kesadaran kita sebagai seorang manusia untuk memberikan kesempatan kepada bumi untuk sedikit bernapas lega selama kurang lebih satu jam.

Ketika kita ikut berkontribusi dalam Earth Hour Movement tersebut, kita cukup mematikan lampu selama kurang lebih satu jam saja. Kayanya mirip sama program PLN y?? Emang betul, tapi Earth Hour ini dilakukan secara serentak di seluruh dunia, Golden Gate Bridge di San Francisco, Colosseum di Roma dan papan reklame Coca Cola di Times Square, dan jutaan tempat lainnya. So hasilnya bisa lebih signifikan.

Gerakan Earth Hour ini sudah berlangsung 31 Maret 2007, diawali dengan inisiatif penduduk kota Sidney Australia dengan 2,2 juta rumah hunian dan bisnis memadamkan lampu mereka selama satu jam. Ternyata Gerakan ini meraih perhatian dunia. Setahun kemudian, pada tahun 2008 gerakan ini Go Global.

Coba lihat video kampanye Earth Hour ini ya:

So, saya ingin mengajak kita semua, ayo kita sedikit berbuat baik ke Bumi kita, tempat kita lahir, besar, makan, minum, bernapas, dan beristirahat yang terakhir nanti.

Nggak sulit kok, cuma Padamkan Semua Lampu di rumah kita selama Enam Puluh Menit dari Pukul 20.30 – 21.30 pada Sabtu, 28 Maret 2009.

Ayo, ikut gabung!!

1 Comment

  1. March 27, 2009 at 3:29 am

    […] dengan kegiatan ketika pertama kali posting tentang Earth Hour di blog saya sebelumnya (lihat disini).  Pertama saya dengar mengenai Earth Hour adalah di satu stasiun TV kabel asing (karena di […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: