Suka membaca?? Perlu tau nih.


summer-reading-533

Kamu suka membaca?? Kalo iya, bagus banget tuh, membaca itu emang penting banget untuk kita. Itu bisa memberi kita banyak manfaat, a.l:

– Nambah Ilmu Pengetahuan

– Nambah wawasan

– Nambah sudut pandang baru dalam suatu masalah

– Nambah kosa kata baru

– Nambah temen, gebetan, etc (hehehe, ini sih kalo kamu join di komunitas penggemar suatu bacaan, kaya penggemar Harry Potter, novel2 yang berakhiran dengan -lit <chicklit, teenlit, etc>, atau komunitas lain)

Masalahnya, kadang kita suka malas dalam membaca. Susah dalam konsentrasi ketika membaca, mata cepat ngantuk (apalagi kalo baca text book kuliah, paper work yang njlimet, novel-novel berat,etc), nggak nyambung2 sama bukunya, dan banyak lagi masalah2 lain. Nah, supaya acara membaca kamu jadi lebih enak (baca: efektif dan efisien), ada caranya nih! Gimana caranya??

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk membaca efektif:

1. Preview kualitas buku.

Baca bagian-bagian terpenting dalam buku itu sebelum memulai membaca buku, seperti: Resensi buku, biografi penulis, kata pengantar, dan daftar isi. Hal ini guna memahami kualitas dari buku yang akan kita baca.

2. Kembangkan cara membaca yang baik.

Maksudnya membaca tanpa gerakan2 yang tidak perlu seperti, menggerakkan bibir, menunjuk tulisan, dan membaca dengan suara keras. Hal itu perlu dihindari karena memboroskan waktu dalam membaca.

3.Latihan membaca cepat.

Kita bisa menghemat waktu dalam membaca dan kecepatan kita dalam membaca pun jadi meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikan kata-kata bantu seperti, di, ke, dari, dan, atau, serta yang.

4.Bacalah dengan teratur.

Jangan melompat2 (emang kangguru..hhe) kalo paragraf sebelumnya belum selesai. Banyak2 bertanya kepada diri kamu setelah membaca satu bagian dalam buku tersebut, kalo masih banyak pertanyaan yang jawabannya TANDA TANYA…?? Kayanya lebih baik diulang lagi deh bacanya.🙂

5. Cari pokok dari buku yang kita baca.

Temukan ide pokok pada setiap buku yang kamu baca. setelah itu, kita bisa mencoba untuk belajar membaca dengan kritis. Harapannya cuma satu, supaya kita lebih memahami lagi buku tersebut.

6. Konsentrasi (baca pake gayanya Deddy Corbuzier)

Cobalah untuk konsentrasi dalam membaca bacaan yang cukup berat. Fokus dengan pikiran kata-kata yang sulit (tapi nggak usah pakai berkerut ya keningnya, nanti cepat tua lagi..hhe). Kalo perlu, lihat di kamus arti dari kata-kata yang sulit.

7. Reading as a hobby

Gunakan setiap waktu luang untuk membaca. Jika mungkin, selalu bawalah buku yang seukuran saku atau surat kabar, so everytime you have a spare time, you can add value to yourself by read anything.

Selamat Membaca!

(disarikan dari kompas Minggu, 19 oktober 2008, H. 33)

1 Comment

  1. Awal-san said,

    November 10, 2008 at 6:42 am

    blogwalking mass…..

    membaca memang banyak manfaatnya ^^

    kalau gak ada ide ngepost bisa kita dapatkan dari bacaan terus kita olah lagi menjadi bahasa kita sendiri agar enak dibaca dan dimengerti pembaca bloggers.

    salam hangat!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: