PEMIMPIN dan PIMPINAN


leadership-penguin

PEMIMPIN dan Pimpinan. Apa perbedaan dari kedua kata tersebut bagi anda? Apakah ada bedanya? Atau malah sama, menurut anda. Bebas, bebas saja untuk berpendapat, wong ini forum bebas kok. Hanya saja, tiba-tiba hal itu terlintas lagi di kepala saya tadi pagi, setelah lama tidak mendengar deskripsi tersebut sejak terakhir waktu di bangku kuliah. Kok bisa??

Ya, jadi begini ceritanya. Di kantor lagi agak sedikit “hangat” suasananya. Para Low Level Manager (a.k.a Supervisor) di tempat saya bekerja cerita, mereka udah mulai pada stress, secara mulai ditanya masalah komitmen terus yang didunia sales biasa diterjemahkan menjadi: “MANA JUALAN LO NIH??” Bapak dan Ibu supervisor ini lagi pada pusing, coz banyak masalah dan kendala yang mereka temui di lapangan, pas di follow up ke atas nggak ketemu jawabannya dan disuruh untuk nyari jawabannya sendiri tanpa petunjuk, padahal mereka saya rasa juga masih perlu support dan dukungan dari atas lho. Pusing ya bows ternyata jadi Supervisor itu, saya kira gampang. .

leadership_clip4Terus apa hubungannya dengan bedanya pemimpin dan pimpinan?? Jelas ada dong, tadi setelah dengar ceritanya Supervisor saya, tiba-tiba terbersit lagi pertanyaan itu di benak saya, karena saya rasa ada yang kurang tepat nih fungsi kepemimpinannya. Akhirnya saya nanya aja ke supervisor saya tersebut:

Saya: “Bos, menurut bos, pemimpin sama pimpinan sama nggak?”

Bos saya: Keliatan mikir sedikit. “Beda ndra, Pemimpin itu harus mengayomi, caranya harus step by step, perlahan dan jelas.”

Saya: “Trus, kalo Pimpinan, bos, gimana?”

Bos saya: “Pimpinan biasanya agak Bossy dalam bersikap, gue nggak mau tau caranya gimana, yang penting lo punya kerjaan gini ya lo kerjain, kasih hasil ke gue.”

Saya kemudian berkesimpulan, kalau Pemimpin lebih berorientasi ke proses, sedangkan Pimpinan, orientasi ke hasil.

Sepulang kerja tadi, saya jadi teringat waktu masa kuliah dulu. Dosen Kepemimpinan saya, Ko Ronny, bilang ke saya supaya kita, mahasiswa yang bahlul-bahlul ini supaya jadi seorang pemimpin, jangan pimpinan. Kenapa, setelah itu, Ko Ronny mengajak kita untuk buka text book Kepemimpinan Dalam Organisasi-nya Gary Yukl, di situ tertera:

Manajer menghargai stabilitas, keteraturan dan efisiensi, . . . . . pemimpin menghargai fleksibilitas, inovasi, dan adaptasi. Manajer sangat memperhatikan bagaimana sesuatu diselesaikan, dan mereka berusaha untuk membuat orang dapat melakukannya dengan baik. Para pemimpin sangat memperhatikan apa arti berbagai hal bagi orang-orang dan berusaha agar orang menyepakati hal-hal terpenting yang harus dilakukan.

(di situ manajer sebagai idiom dari pimpinan)

Bennis dan Nanus berpendapat:

manajer adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan baik dan pemimpin adalah orang yang melakukan hal yang benar.

So, bisa kita simpulkan kalo Pemimpin itu berorientasi pada kesepakatan bersama. Penentuan visi-misi bersama, pemecahan masalah bersama adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh seorang pemimpin. Sedangkan Pimpinan, berorientasi pada pelaksanaan perintah yang diberikan. Prosedur yang hierarkis, sistem yang terstruktur panjang adalah suatu hal yang menjadi kebiasaan pimpinan.

Hmm, saya jadi berpikir, mana yang lebih baik ya, sebagai seorang Pimpinan . . . . .  Atau Pemimpin . . . . .

Ah, saya jadi semakin bingung . . . . . Menurut anda?

15 Comments

  1. Dwi Susanto said,

    April 15, 2009 at 7:58 am

    Maaf kalau boleh saya sarankan sebaiknya Anda menjadi seorang PEMIMPIN jangan jadi pimpinan. Seorang PEMIMPIN paling tidak anda harus bisa MEMIMPIN diri anda sendiri. Seorang pemimpin seharusnya JIWANYA sudah matang, kematangan JIWA tidak bisa diukur dari umur seseorang, ada orang masih muda tetapi jiwanya sangat matang. Contoh yang masih hangat, bagaimana seorang CALEG bisa memimpin khalayak luas alias rakyat pemilihnya, kalau yang bersangkutan tidak mampu/bisa memimpin dirinya sendiri, buktinya begitu kalah atau suaranya yang diperolehnya kecil, ybs. langsung bunuh diri. ITU NAMANYA YBS TIDAK BISA MEMIMPIN DIRINYA SENDIRI.

  2. moiindra said,

    April 20, 2009 at 2:10 am

    Yupz! Itu memang cita-cita saya Mas Dwi. Thx for the comment. :)

  3. Tony Sardjono said,

    November 21, 2009 at 2:57 am

    Hmnm interesting
    Bingung itu baik, berarti anda calon pemimpin
    Sukses Indra
    Salam
    Tony

  4. Tony Sardjono said,

    November 21, 2009 at 2:57 am

    Hmnm interesting
    Bingung itu baik, berarti anda calon pemimpin

    Salam
    Tony

  5. moiindra said,

    November 24, 2009 at 6:55 am

    Amiin, thx for the comment mas Tony. MMohon doanya, mudah2an jadi pemimpin yang amanah. :)

  6. faysal said,

    June 30, 2010 at 6:47 am

    Pemimpin adalah orang yang mempunyai indera keenam dalam ber organisasi,disini maksudnya selalu berpijak dengan hati yang bersih,sehingga kebijksanaan yang keluar dari seorang pemimpin selalu membuat anak buah merasa di perlakukan sebagai bawahan yang selalu dibimbing dengan bekal yang cukup dalam mencapai tujuannya secara bersama-sama dan tidak merasa ditinggalkan sendirian. Ibarat dalam Rumah Tangga pemimpin disini adalah seorang ayah ,tegas,berwawasan luas,mengayomi,punya Directive/arahan yang bagus dan memotivasi sehingga anaknya,tidak merasa takut,ada pelindung dan tempat bertanya.
    Ideal banget memang seorang pemimpin ini,talenta ini dipunyai oleh setiap jiwa manusia,tetapi bedanya adalah dalam mengasahnya.Maka itu sering ada Training Leadership dalam perusahaan. Pemimpin juga menguasai masalah dengan baik,karena dia juga siap terjuan ke lapangan untuk investigasi.shingga setiap permasalahan yang ada dapat di diskusikan dengan bawahannya untuk solve the problem,setelah itu ,seorang pemimpin selalu berani ambil bagisn terdepan dalam pengambilan keputusan (desicion making),disinilah beda yang paling mencolok dengan pimpinan,karena pimpinan biasanya hanya melihat perintah dari atas tanpa tau kesulitan dibawahnya,dan tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat dan benar.

  7. vyan said,

    June 3, 2011 at 3:51 pm

    mw tanya nih mas?
    Klo secara teoritis, pengertian pimpinan itu sendiri apa?
    apkah ada yg mengemukakan.
    Apakah ada teori yg menyatakan adanya hubungan bahwa pimpinan adalah pemimpin?
    Klo da dlm buku apa ya..

  8. yul said,

    October 11, 2011 at 9:51 am

    Pemimpin itu adalah orang, sedangkan pimpinan adalah intitusi/wadah/organisasi dimana pemimpin berada. Jadi kalau kita membandingkan seperti penjelasan diatas rasanya kurang pas. Atau kita berusaha mencari yang lebih baik dari keduanya . . . tidak bisa.

    Jadi Pemimpin (leader) adalah pelaku/subjek orang yang secara aktif bertindak sebagai penggerak, yang menjalankan kepemimpinan.

    Pimpinan (leading) adalah sekelompok orang yang menjalankan suatu wadah/organisasi.

    Kepemimpinan (leadership) adalah suatu proses guna mempengaruhi kegiatan kelompok yang terorganisir dalam usaha menentukan dan pencapaian tujuan, sederhananya seperti itu.

  9. dinaros said,

    December 16, 2011 at 10:44 am

    saya jadi berfikir siapa saya?? selama ini pemimpin atau pimpinan…entah..tapi setelah baca ini..mulai detik ini saya akan jadi seorang pemimpin yg mendahulukan proses dibanding hasil..karna hasil yang paling baik pasti dimulai dengan proses yang baik pula……
    terimakasih mas indra

  10. Iin said,

    February 27, 2012 at 1:16 pm

    Pas kuliah ada dosen yg ty ky gini “neng apa bedanya pemimpin dan pimpinan ? ” saya gak jawab tp hanya memamerkan wajah ‘Bingung’ sambil brty dlm hati apa ya perbedaannya?, stlh baca ini jd ngerti thanks yuah…

  11. sandjaya said,

    October 15, 2012 at 1:20 am

    trmkash

  12. fifi said,

    December 19, 2012 at 11:54 pm

    menurut saya pemimpin sudah pasti seorang pimpinan, namun pimpinan di sini bukan berarti pimpinan terhadap orang lain tapi bisa juga pimpinan untuk diri sendiri. Dan seorang pimpinan belum tentu seorang pemimpin.

  13. moiindra said,

    February 22, 2013 at 6:25 am

    Yup, setuju. Mampu memimpin diri sendiri, pasti mampu memimpin orang lain juga.

  14. moiindra said,

    February 22, 2013 at 6:26 am

    Sama-sama Mas Sandjaya

  15. moiindra said,

    February 22, 2013 at 6:27 am

    Terima kasih Mba Iin, semoga menambah wawasan dan pemikiran. :)


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

